Berikut Manfaat dan Fungsi Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Berikut Manfaat dan Fungsi Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil – Ragam hias adalah istilah dari macam-macam corak atau motif yang melekat pada permukaan benda. Ragam hias bisa diketemukan pada benda dengan bahan kayu, kaca, plastik, sampai tekstil.

Beberapa bentuk yang sering dijumpai dalam macam hias sebuah benda adalah motif abstrak, geometris, figuratif, fauna, flora, dan ada beberapa.

Dalam benda dengan bahan tekstil, ragam hias bisa disimpulkan sebagai pola atau corak hiasan yang diatur memakai beberapa tehnik tertentu di atas kain tekstil. Tehnik yang dimaksud meliputi :

  • Membuat batik, ialah menambah pola atau motif memakai malam di atas kain.
  • Menenun, ialah masukkan benang secara selang-seling untuk membuat corak yang diharapkan.
  • Menyulam, ialah menambah hiasan di atas kain dengan media benang dan jarum jahit dengan manual.
  • Membordir, ialah menambah hiasan dengan media benang dan jarum jahit seperti merajut, tapi dikerjakan memakai mesin khusus.
  • Melukis, ialah membuat pola hiasan di atas kain memakai bahan kuas dan cat.

Lalu, apa sebetulnya manfaat penerapan ragam hias pada bahan tekstil? Lebih detilnya, baca pembahasan lengkap di bawah ini.

Manfaat Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

jelaskan tiga manfaat penerapan ragam hias diatas bahan tekstil , ialah seperti berikut :

Menambah nilai seni atau kecantikan pada kain tekstil itu.

Dapat menambah daya tarik dan minat beli konsumen.

Menambah nilai ekonomi atau harga jual suatu produk tekstil.

Mewariskan nilai-nilai budaya lewat proses pembuatan benda dengan bahan tekstil.

Untuk membikin jenis hias berbahan tekstil yang menarik dan estetik, ada banyak elemen yang penting jadi perhatian seperti jenis tekstil, garis hiasan, wujud dan skema, sampai warna.

See also  5 Tips Memilih Travel Agen Terpercaya

 

Fungsi Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Ragam hias yang ada di beberapa hasil karya seni khususnya di bahan tekstil mempunyai fungsi-fungsi seperti berikut :

  • Menambahkan nilai keelokan atau seni pada suatu karya kerajinan bahan tekstil. Nilai tambah seni yang didapatkan dari penerapan ragam hias ini jadi daya tarik dan kepuasan tertentu.
  • Menambah nilai ekonomis atau nilai jual produk. Satu produk kerajinan seni yang hasilkan seni tinggi pasti mempunyai peminat yang tinggi juga hingga produk hasil kerajinan itu dapat dijual untuk mendapat keuntungan bisnis.
  • Menambahkan daya tarik ke penikmat atau konsumen.
  • Menambahkan nilai seni pada kerajinan bahan tekstil itu.

Mewariskan nilai-nilai kebudayaan lewat proses pembuatannya. Tidak ayal, hasilkan suatu kerajinan seni ditambah dengan tradisional membutuhkan waktu yang lama. Kadang ada proses penanaman nilai-nilai kehidupan yang terdapat didalamnya. Budaya ini selanjutnya harus terus dijaga lewat transfer ilmu dari generasi ke generasi.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Berikut ini Manfaat dan Fungsi Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil. Baca juga artikel terkait jelaskan tiga manfaat penerapan ragam hias pada bahan tekstil. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, sekian terima kasih.