Berikut Penjelasan Mengapa Perlu Dilakukan Audit Perusahaan – Selain proses bisnis audit perusahaan jadi kegiatan penting yang perlu Anda laksanakan secara berkala. Berikut alasan mengapa perusahaan perlu diaudit.

Selain melangsungkan proses bisnis rutin, audit suatu perusahaan jadi aktivitas penting yang perlu dilakukan berkala. Proses audit dilakukan pada laporan keuangan perusahaan, yang berperan untuk sumber informasi terbaik kondisi perusahaan terbaru.

Jika Anda sedang mencari tempat curhat dan diskusi mengenai problem ilmiah Anda. Anda bisa mengunjungi bimbingan skripsi online ini. Laporan keuangan sebagai wujud tanggung jawab perusahaan dalam usaha memenuhi akuntabilitas yang dituntut beberapa stakeholder atau pihak berkepentingan.

Dalam laporan tertuang informasi lengkap berkenaan kinerja dan posisi keuangan yang nanti menjadi dasar pengambilan keputusan. Itulah mengapa laporan keuangan perusahaan harus terjaga kewajaran dan kebenarannya.

Proses audit adalah langkah terbaik menjamin kewajaran dan kebenaran laporan keuangan suatu perusahaan. Audit bukan semata-mata mencari kesalahan atau kecurangan. Tetapi, audit mempunyai tujuan memastikan kesesuaian laporan keuangan dengan standard akuntansi yang berjalan dan memberi pandangan secara objektif berkaitan keadaan perusahaan terbaru.

Mengapa Audit Perlu Dilakukan

Dalam pelaksanaannya, ada dua tipe audit, yakni audit internal dan external. Audit internal dilakukan oleh tim dalam perusahaan guna tingkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja perusahaan.

Sementara, audit external dilakukan lembaga mandiri yang penuhi persyaratan, seperti Kantor Akuntan Publik (KAP), dan mempunyai tujuan meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata publik atau stakeholder yang lain.

Untuk perusahaan yang sedang berkembang cepat, kegiatan audit berkala tidak lagi jadi sebuah pilihan, tapi sebuah kewajiban. Beberapa alasan yang memperkuat mengapa perusahaan perlu diaudit adalah:

1. Memberikan jaminan ke beberapa pemegang saham

Saat usaha Anda berkembang cepat, pemegang saham cenderung kurang ikut serta dalam operasional harian dan memilih berperan secara strategis saja. Audit akan menolong pemegang saham menilai dan meninjau akurasi keuangan dan pengendalian sistem internal.

See also  Cara Mudah Merubah Tampilan Layar Windows Menjadi Terbalik/Miring

Hal itu telah meliputi upaya menemukan kekurangan sistem atau ketidakpatuhan pada prosedur internal. Secara singkat, proses audit jadi jaminan kredibilitas perusahaan di mata pemegang saham.

2. Menegaskan diri sebagai perusahaan taat hukum

Keberlangsungan perusahaan tidak dapat dilepaskan dari hukum yang berjalan. Proses audit akan pastikan jika perusahaan Anda telah jalani proses bisnis sesuai prosedur dan patuhi peraturan dan perundang-undangan yang berjalan di Indonesia.

Audit secara berkala memperlihatkan kemauan perusahaan update dengan regulasi terbaru. Pasti ini membuat perusahaan berkembang bisa lebih cepat karena mampu tanggap dan adaptif pada semua perubahan yang memengaruhi jalannya bisnis.

3. Sebagai bentuk review organisasi

Audit memungkinkan Anda menyelami lebih dalam seluk beluk usaha selama ini. Sudut pandang auditor yang independen memberikan Anda pengetahuan berbeda mengenai bisnis yang dijalani. Temuan auditor bisa mengidentifikasi mana bagian sistem atau proses yang dapat ditingkatkan, atau bagaimana membuat peluang memikat calon investor.

Bahkan juga, bekerja sama dengan auditor external yang berpengalaman dengan client sama perusahaan dapat menghasilkan semakin banyak pandangan mengenai mengelola bisnis, peluang berkembang, sampai resiko yang kemungkinan ada di kemudian hari.

4. Mengurangi resiko terjadinya kecurangan atau penipuan

Audit dapat mengidentifikasi kegiatan penipuan yang terjadi dalam internal perusahaan. Karena proses audit, Anda dapat mengetahui apa kekurangan sistem yang sejauh ini membuat perusahaan merugi. Bukan mustahil ditemukan juga staf yang turut serta dalam praktek kecurangan itu.

Dari hasil itu, Anda akan mendapat rekomendasi bagaimana memperbaiki atau mencegah berlangsungnya hal sama berulang-ulang kembali.

5. Melindungi aset perusahaan

Langkah melindungi asset perusahaan bukan masalah penyimpanan dan pemeliharaan semata-mata, tapi juga mengenal resiko yang dapat mencelakakan aset itu. Apa lagi, resiko bisa datang dari mana saja, terhitung internal perusahaan.

See also  5 Tempat Wisata di Semarang Memikat dan Wajib di Kunjungi

Proses audit akan menolong perusahaan mengidentifikasi permasalahan, resiko, dan kekurangan sistem yang mempunyai potensi membahayakan aset perusahaan. Dengan bekal temuan itu, perusahaan bisa mengambil tindakan preventif atau perbaikan.

Demikian alasan mengapa perusahaan masih perlu dilakukan audit. Info seputar keuangan bisa Anda cek di Audit dan Hukum Bisnis. Jadi, tidak ada alasan tunda kegiatan audit internal atau external karena semua dilakukan untuk perkembangan perusahaan Anda.