Pengertian Top Up dan Cara Melakukannya – Sekarang ini, semua proses transaksi keuangan sudah semakin gampang dilakukan, termasuk transfer uang dan top up. Top up adalah sistem pengisian ulang saldo, dimulai dari e-money, e-wallet, dan lain-lain.

Dengan kemajuan internet dan teknologi, Anda tidak perlu ke bank atau mesin ATM untuk melakukan transfer uang dan pengisian ulang saldo digital. Cukup melalui handphone, uang akan terkirim secara mudah dan aman. Memang, apa yang disebut dengan top up dan bagaimana cara melakukan secara mudah?

Pengertian Top Up

Pengertian top up uang pada umumnya adalah pengisian ulang saldo secara digital. Saldo yang dimaksud bisa berbagai macam, mulai dari saldo dana e-wallet, e-money, keperluan game, sampai saldo mata uang asing.

Sekarang ini, metode top up bisa dilakukan secara mudah lewat genggaman atau dengan menggunakan perangkat electronic, contohnya topup token listrik online. Anda jadi tak perlu pergi keluar dan antre dalam bank guna isi ulang saldo Anda. Gampang, kan?

Top Up Mendukung Transaksi Elektronik

Top up benar-benar searah dengan cara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Melihat potensi digital yang besar sekali dalam industri keuangan, pemerintah giat menggerakkan warga untuk beralih ke pembayaran elektronik. Bahkan juga, pemerintahan juga sudah mengeluarkan kebijakan seputar keamanan siber, ingat bisnis digital benar-benar rentan dengan ancaman siber ini.

Ekonomi digital didukung oleh pemerintah guna mempercepat cara perbaikan perekonomian, apa lagi setelah ada wabah Covid-19 yang ikut melanda Indonesia di awal 2020 lalu. Pemerintahan juga membahas mengenai RUU Perlindungan Data Pribadi dengan DPR untuk mencegah ada pencurian dan pemalsuan data lewat transaksi elektronik.

See also  Cara Berbelanja Online di Luar Negeri

Cara Melakukan Top Up

Lalu, bagaimana cara melakukan top up? Anda dapat lakukan pengisian ulang saldo melalui mesin ATM, internet banking, atau mobile banking. Baca penjelasannya berikut ini!

1. Lewat ATM

Cara pertama lakukan top up dengan mesin ATM. Cari mesin ATM yang sesuai rekening yang Anda miliki. Masukkan kartu ATM dan pin ATM. Selanjutnya, pilih menu Transfer. Pilih fitur Transfer Bank Lain. Selanjutnya masukan kode bank dan nomor virtual akun Anda. Tulis nominal yang akan dibayarkan. Paling akhir, lakukan konfirmasi pembayaran. Anda juga telah berhasil melakukan top up lewat ATM.

2. Lewat internet banking

Selanjutnya, Anda dapat lakukan top up dengan internet banking. Pertama, pastikan Anda mengetahui user ID internet banking yang Anda punyai. Selanjutnya, buka internet banking dengan user ID itu. Tentukan menu Transfer Antara Bank atau Bank Lain, pilih bank yang jadi tujuan transfer Anda. Masukan kode virtual akun dan nomor handphone Anda. Masukan nominal yang diinginkan, terakhir lakukan konfirmasi. Transaksi pun sukses dilakukan.

3. Lewat mobile banking

Selanjutnya, lakukan top up melalui mobile banking dengan cara login ke akun user ID mobile banking yang Anda punya. Selanjutnya, pilih fitur Bayar atau Isi Ulang yang tertera di situ. Umumnya, setiap jenis mobile banking mempunyai nama fitur yang lain. Pilih jenis top up yang hendak Anda pakai, masukkan nominal pembayaran, selanjutnya masukkan password transaksi. Ikuti arahan sampai proses top up sukses dan selesai dilakukan.

4. Lewat gerai minimarket

Ke-4, cara lakukan top up dengan mendatangi gerai minimarket terdekat. Umumnya minimarket akan menyediakan jasa pembayaran elektronik. Anda tinggal menjelaskannya ke kasir, selanjutnya mereka akan lakukan transaksi itu.

See also  Simak! Inilah 7 Cara Melakukan Investasi Kripto Dari Nol

Anda cukup menjawab banyak hal yang ditanyakan kasir, seperti nominal top up yang akan dibayar dan arah top up itu. Kemudian, Anda tinggal melakukan pembayaran ke kasir sesuai jumlah transaksi top up yang telah Anda lakukan.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Pengertian Top Up dan Cara Melakukannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.